5 Langkah Mudah Mengurus KTP yang Hilang

Saat KTP hilang, tentu hal tersebut dapat menjadi masalah besar bagi kita. Namun, jangan panik terlebih dahulu. Berikut adalah 5 langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengurus KTP yang hilang:

1. Membuat Laporan Kehilangan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika KTP hilang adalah membuat laporan kehilangan ke kantor kepolisian terdekat. Pastikan untuk membawa identitas diri lainnya seperti SIM atau kartu keluarga sebagai bukti identitas.

2. Mengurus Surat Keterangan Kehilangan

Setelah membuat laporan kehilangan, Anda akan mendapatkan surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Surat ini diperlukan untuk mengurus penggantian KTP ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

3. Mendatangi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

Langkah selanjutnya adalah mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk mengurus penggantian KTP. Pastikan untuk membawa surat keterangan kehilangan, identitas diri lainnya, dan materai sebesar Rp 6.000.

4. Mengisi Formulir Pengajuan

Setelah sampai di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan penggantian KTP. Pastikan untuk mengisi formulir tersebut dengan benar dan jujur sesuai dengan data diri Anda.

5. Menunggu Proses Penggantian

Setelah mengisi formulir pengajuan, Anda hanya perlu menunggu proses penggantian KTP selesai. Biasanya, proses ini akan memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung dari kebijakan kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat.

Dengan mengikuti 5 langkah mudah di atas, Anda akan dapat mengurus KTP yang hilang dengan lancar. Jadi, jangan panik jika KTP Anda hilang, segera lakukan langkah-langkah tersebut untuk mendapatkan KTP baru.

Kesimpulan

Memenej langkah-langkah di atas, bisa membantu Anda dalam mengurus KTP yang hilang. Segera lapor kehilangan KTP ke pihak berwenang dan segera gantikan KTP yang hilang dengan prosedur yang telah ditentukan.

Jika ada pengalaman Anda dalam mengurus KTP yang hilang atau punya tips lainnya, jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar di bawah.

Scroll to Top