Panduan Lengkap Cara Melihat Sertifikat Vaksin

Sejak pandemi COVID-19 melanda dunia, vaksin menjadi salah satu cara terbaik untuk melindungi diri dari virus tersebut. Setelah divaksinasi, penting untuk memiliki sertifikat vaksin sebagai bukti bahwa Anda telah divaksinasi. Namun, bagaimana cara melihat sertifikat vaksin secara online?

1. Mendaftar di Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi resmi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang digunakan untuk melacak dan mengendalikan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Untuk melihat sertifikat vaksin, Anda perlu mendaftar dan masuk ke dalam aplikasi tersebut.

2. Memasukkan Data Vaksinasi

Setelah berhasil masuk ke dalam aplikasi PeduliLindungi, Anda perlu memasukkan data vaksinasi Anda. Pastikan data yang dimasukkan sesuai dengan data vaksinasi yang Anda terima. Setelah data divalidasi, Anda dapat melihat sertifikat vaksin Anda di dalam aplikasi.

3. Memeriksa Validitas Sertifikat

Pastikan sertifikat vaksin yang Anda miliki valid dan dapat diakses oleh pihak yang memerlukan. Periksa kembali data vaksinasi Anda dan pastikan semua informasi yang tercantum benar dan sesuai dengan yang seharusnya.

4. Menyimpan Sertifikat Vaksin

Selain melihat sertifikat vaksin secara online, pastikan Anda juga menyimpan salinan sertifikat vaksin dalam bentuk fisik atau digital. Sertifikat vaksin dapat menjadi bukti yang diperlukan dalam beberapa kasus, seperti perjalanan ke luar negeri atau kegiatan yang mengharuskan vaksinasi.

Kesimpulan

Dengan mengikuti panduan lengkap cara melihat sertifikat vaksin di atas, Anda dapat dengan mudah mendapatkan bukti vaksinasi Anda. Pastikan untuk selalu memperbarui data vaksinasi Anda dan menjaga sertifikat vaksin dengan baik. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman tentang melihat sertifikat vaksin, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah!

Scroll to Top